Cara Merekam Layar Monitor Laptop/PC

Fitur screen recording sebenarnya sudah ada di Windows 10. Hanya saja banyak yang belum tahu. Nah, Jibrot akan jelaskan bagaimana Cara Merekam Layar Monitor Laptop/PC

Gunakan Xbox Game Bar

Untuk menggunakan fitur ini, PC Anda harus mendukung salah satu pembuat enkode berikut. Kebanyakan kartu grafis atau prosesor modern mendukungnya.

Langkah 1: Klik tombol Start, diikuti oleh ikon roda gigi yang terletak di Start Menu. Atau, Anda dapat mengklik ikon notifikasi di bilah tugas dan memilih ubin Semua Pengaturan di Pusat Tindakan. Keduanya membuka aplikasi Pengaturan.

Langkah 2: Pilih Game di aplikasi Pengaturan.

Pengaturan Windows 10 Pilih Permainan

Langkah 3: Bagian Xbox Game Bar harus dimuat secara default. Seperti yang ditunjukkan di bawah ini, ada tombol di bawah paragraf pertama yang harus disetel ke Aktif. Jika terbaca Mati, klik sakelar.

Langkah 4: Pilih Captures terdaftar di sebelah kiri untuk melihat dan menyesuaikan opsi penyesuaian lebih lanjut jika diperlukan.

Di bawah Captures, Anda dapat mengubah lokasi penyimpanan untuk rekaman dan screenshot Anda, mengaktifkan perekaman latar belakang, dan mengaktifkan perekaman bahkan saat laptop Anda tidak dicolokkan. Ada juga opsi untuk mengaktifkan perekaman saat memproyeksikan layar Anda, mengatur panjang perekaman maksimum, dan sesuaikan pengaturan audio dan kualitas video Anda.

Langkah 5: Setelah selesai, ketikkan pintasan keyboard default untuk membuka Xbox Game Bar: Win + G.

Anda mungkin atau mungkin tidak melihat prompt yang menanyakan apakah aplikasi yang disorot di layar Anda adalah sebuah game. Jika ya, pilih saja Ya. Tentu, itu bohong, karena Xbox Game Bar dimaksudkan untuk merekam alur game, tetapi kebohongan kecil ini memperluas fitur ini ke aplikasi lain. Namun, Xbox Game Bar tidak merekam desktop atau File Explorer, hanya membuka aplikasi.

Langkah 6: Xbox Game Bar muncul di dekat tepi tengah atas layar Anda. Ini menyediakan tombol untuk mengakses overlay dan pengaturan ini:

Overlay Capture Game Bar akan muncul secara default. Jika tidak, klik ikon Webcam di Xbox Game Bar, seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

Catatan: Jika PC Anda memiliki lebih dari satu layar yang terhubung, seperti pengaturan tiga monitor, antarmuka Xbox Game Bar akan muncul di layar tempat Anda terakhir kali mengklik.

Langkah 7: Untuk memulai, klik tombol Start Recording pada Capture overlay. Untuk menghentikan perekaman, klik tombol Stop berwarna ungu.

Sebagai alternatif, Anda dapat mengetik kombinasi tombol Win + Alt + R untuk memulai dan menghentikan perekaman dengan Xbox Game Bar diaktifkan.

Gunakan PowerPoint

Langkah 1: Dengan file PowerPoint yang sudah terbuka, klik Sisipkan di bilah menu diikuti oleh tombol Perekaman Layar yang terletak di panel Media di ujung kanan.

Langkah 2: Layar meredup putih dan membuat bilah alat di sepanjang tepi tengah atas layar Anda, seperti yang ditunjukkan di bawah ini. Klik tombol Select Area dan gunakan mouse Anda untuk menggambar kotak di sekitar area yang ingin Anda rekam.

Langkah 3: Klik tombol Rekam atau tekan tombol Windows + Shift + R secara bersamaan.

Langkah 5: Anda dapat mengklik tombol Jeda – ini menggantikan tombol Rekam – untuk menghentikan perekaman sesuai kebutuhan. Klik tombol Berhenti persegi untuk mengakhiri jepretan.

Langkah 6: Untuk menyimpan rekaman, klik kanan pada Video yang ditampilkan dalam PowerPoint dan pilih opsi Save Media As pada menu pop-up. Ikuti petunjuk di layar untuk menyimpan rekaman Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *