Langkah Mudah Melakukan Pendaftaran BPJS Online

Jika anda memiliki kartu BPJS, anda akan mendapatkan banyak manfaat. Namun, untuk mendapatkannya anda diharuskan untuk mendaftar terlebih dahulu. Sayangnya  banyak orang yang malas melakukan segala prosedur ketika membuat BPJS salah satu alasannya adalah antriannya yang lama dan prosesnya yang panjang. Nah, untuk anda yang mencari langkah mudah melakukan pendaftaran BPJS online, simak pembahasannya berikut ini.

Langkah Mudah Melakukan Pendaftaran BPJS Online

  • Mengunjungi Website Resmi BPJS

Untuk memiliki kartu BPJS anda diharuskan untuk melakukan pendaftaran melalui website resmi dari BPJS. Jika anda sudah masuk dalam link website tersebut, anda akan langsung diarahkan oleh pihak BPJS. Jadi anda tidak perlu bingung lagi karena akan ada arahan yang akan memudahkan anda nanti nya.

Dan jangan lupakan untuk selalu membaca semua persyaratan yang diberikan sebelum anda memutuskan untuk menyetujui nya. Di dalam kolom pendaftaran anda diminta untuk memberikan persetujuan dengan cara memberikan tanda centang yang terletak di bagian bawah. Disana juga sudah tercantum tanggal pembayaran BPJS.

  • Mengisi Data Diri

Tahapan selanjutnya adalah dengan mengisi data diri, pastikan data yang anda berikan benar-benar sesuai dengan KTP DAN KK. Biasanya langkah pertama yang harus anda lakukan adalah dengan mengisi nomor KK, setelah itu akan ada kode captcha yang muncul.

Di sana akan diberikan tampilan kartu keluarga yang masih aktif, jika sudah anda harus klik pada tulisan yang mengarahkan anda untuk menuju ke proses selanjutnya. Data diri yang harus anda masukan berupa nomor telepon yang bisa dihubungi, NPWP, alamat sesuai dengan KTP.

Jika sudah, anda bisa langsung memilih fasilitas kesehatan yang diinginkan. Baca terlebih dahulu mengenai ketentuan yang berlaku pada tiap Faskes. Setelah itu pendaftar akan dimintai untuk mengunggah foto pribadi dengan maksimal ukuran 50 kb. Kemudian klik pada  proses selanjutnya.

Tahapan yang paling penting adalah melengkapi data yang diminta pihak BPJS berupa data diri, data keluarga, kelas perawatan yang diinginkan, memilih nomor rekening untuk melakukan pembayaran, nomor telepon, alamat email yang masih aktif dan yang terakhir adalah memasukkan kode captcha yang sudah diberikan.

Setelah mengisi semua data diri, anda hanya tinggal menunggu email masuk dari BPJS. Di dalam email tersebut akan berisi link untuk melakukan aktivasi, klik untuk mendapatkan nomor virtual. Setelah itu anda akan diminta untuk melakukan proses pembayaran. Jika sudah, barulah anda bisa mendapatkan e-ID cetak.

  • Pengambilan Kartu BPJS

Jika sudah mendapatkan e-ID, anda akan langsung diminta untuk datang ke kantor BPJS Terdekat untuk mengambil kartu BPJS. Ketika anda ingin mengambil kartu tersebut, pastikan anda memperhatikan persyaratan yang diminta seperti pas foto dengan ukuran 3×4, fotokopi kk, KTP, akta lahir dan juga bukti pembayaran BPJS yang sebelumnya sudah dilakukan dan jangan lupakan untuk membawa id cetak. Jika persyaratan sudah lengkap anda diminta untuk mengisi formulir.

Cara Ampuh Melakukan Pendaftaran BPJS Jika Ditolak

Ada banyak sekali kasus yang terjadi saat melakukan pendaftaran kartu BPJS salah satunya adalah pendaftar mengalami penolakan. Jika diteliti lebih lanjut penyebab pendaftar mengalami penolakan adalah karena adanya dokumen yang kurang lengkap.

Untuk mengatasi masalah tersebut anda harus mempersiapkan dengan baik dokumen pendaftaran, jangan sampai ada yang terlewatkan. Jika masih mengalami penolakan cara ampuh yang bisa anda lakukan adalah dengan datang langsung ke kantor BPJS setempat, disana anda bisa melakukan konsultasi dengan pihak BPJS.

Demikianlah pembahasan yang dapat kami sampaikan mengenai cara mudah melakukan pendaftaran BPJS online. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu anda ketika anda ingin membuat dan melakukan pendaftaran BPJS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *