Mengenal Apa Itu Grace Period?

Bagi anda yang suka menggunakan kartu kredit, tentu anda pernah mengalami masalah jatuh tempo dalam melakukan pembayaran kartu. Apalagi bagi anda yang tidak bisa membayar dengan tepat waktu, tentunya anda akan mengalami masalah yang cukup rumit. Nah, untuk mengatasi masalah tersebut anda harus tahu apa itu grace period? jadi langsung saja, penjelasannya berikut ini.

Apa Itu Grace Period?

Istilah grace period sendiri sebenarnya sudah sering digunakan, namun yang paling dikenal adalah istilah jatuh tempo dalam sebuah pembayaran tanpa melalui proses perhitungan baik itu denda yang dibebankan oleh nasabah ataupun yang memiliki hutang.

Biasanya grace period itu akan terjadi dalam jangka waktu 15 hari. Anda bisa menemukan grace period pada angsuran rumah, pembelian properti, asuransi dan yang terakhir kartu kredit. Jika penghutang melakukan pembayaran setelah jatuh tempo, mereka akan mendapatkan tanda merah pada laporan angsurannya.

Untuk anda yang sering mengalami masalah grace period pada kartu kredit tentunya anda akan terbebani jika sudah masuk jatuh tempo. Dengan bantuan grace period ini anda tidak perlu lagi khawatir karena anda bisa membayar tagihan tanpa harus dikenai denda ataupun mendapatkan catatan buruk.

Bagaimana Cara Mendapatkan Grace Period?

Tidak semua bank memberikan fasilitas grace period. Hal ini tentu sangat disayangkan, namun anda tidak perlu khawatir karena anda bisa mendapatkan segala kemudahan tersebut melalui grace period.

Sebelum memutuskan untuk menggunakan grace period, anda harus memastikan terlebih dahulu setiap poin yang diajukan yang sudah tertera dalam kontrak tersebut. Jadi pastikan anda sudah paham apa poin-poinnya jangan sampai anda menyesal di kemudian hari. Berikut ini adalah tahapan yang perlu diperhatikan:

  • Langkah pertama adalah dengan memastikan tanggal berapa penutupan statement dari kartu kredit yang anda gunakan pada tiap bulannya, pastikan anda selalu mengingatnya.
  • Langkah yang kedua adalah mengetahui jatuh tempo dari pembayaran kartu kredit. Pastikan anda tidak melebihi tanggal yang sudah ditetapkan karena jika anda melewati batas waktu yang ditentukan sudah pasti anda akan mendapatkan masalah nantinya.
  • Langkah yang terakhir adalah mengetahui sisa akhir atau bisa disebut dengan istilah balance dari kartu kredit yang anda miliki.

Tips Mudah Membayar Kartu Kredit Tepat Waktu

Supaya anda bisa mendapatkan manfaat secara maksimalĀ  dari grace period, kami sarankan anda membayar tagihan tepat waktu. Jika anda masih kebingungan mengenai cara membayar kartu kredit simak tips berikut ini.

  • Mencatat Keuangan

Tahapan yang pertama adalah dengan mencatat keuangan, jadi pastikan setiap anda melakukan transaksi anda mencatatnya. Langkah ini akan membantu anda meminimalisir pengeluaran yang tidak diperlukan.

  • Merapikan Pengeluaran

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, anda harus memotong pengeluaran anda. Jadi, kebutuhan yang sekiranya tidak penting anda bisa menghapusnya. Contohnya saja, belanja perlengkapan elektronik pada tiap bulannya. Hal ini jelas tidak diperlukan karena anda tidak mungkin mengganti TV setiap bulan sekali.

  • Menggunakan Sistem Auto Play

Langkah yang terakhir adalah menggunakan sistem autopay, biasanya setiap kartu kredit akan menyediakan sistem ini. Dengan tahapan ini anda tidak akan lagi yang namanya terlambat membayar tagihan kartu kredit anda.

Adanya kemudahan tersebut tidak serta merta membuat anda menjadi lebih santai. Justru anda harus lebih disiplin supaya tagihan kartu kredit tidak akan membebani anda. Grace period memang menguntungkan apalagi bagi seseorang yang lebih suka menggunakan kartu kredit sebagai media pembayaran.

Nah, itulah penjelasan mengenai apa itu grace period. Semoga dengan artikel di atas dapat bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *